Senin, 13 September 2010

Mesin Bensin (Gasoline Enngine)

   Mesin merupakan alat yang mengubah sumber tenaga panas, listrik, air, angin, tenaga atom, atau sumber tenaga lainnya menjadi tenaga mekanik (mechanical energy). Mesin yang mengubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik disebut motor bakar(thermal engine). 

   Motor bakar ada beberapa macam. Mesin bensin, mesin diesel, mesin turbin dan lain-lainnya, yang menghasilkan tenaga panas dari dalam mesin itu sendiri disebut mesin pembakaran dalam(Internal Combustion Engine). 

 


Siklus Kerja Mesin Bensin 4 langkah:
    Mesin bensin 4 langkah adalah suatu engine yang untuk menghasilkan 1 kali power diperlukan 4 langkah piston dan 2 kali putaran crankshaft. Langkah-langkahnya antara lain:


  • LANGKAH HISAP(Intake Stroke)
       Pada langkah ini piston bergerak dari titik mati atas(TMA) menuju titik mati bawah(TMB), katup hisap terbuka sehingga akibat dari kevakuman yang terjadi dari ekspansi volume pada ruang bakar maka udara dari luar dapat masuk kedalam ruang bakar melalui katup hisap yang terbuka. 
     

  • LANGKAH KOMPRESI(Compresion Stroke)
       Pada langkah ini, setelah piston mencapai TMB maka piston bergerak kembali keTMA. Pada langkah ini tidak aa katup yang membuka, sebagai akibat dari mengecilnya volume ruang diatas piston, maka terjadi tekanan kompresi didalam ruang bakar. pada akhir langkah kompresi ini terjadi pembakaran antara behan bakar dan udara didalam ruang bakar.
     

  • LANGKAH KERJA(Power Stroke)
       Proses pembakaran campuran Bahan bakar dan udara berlangsung sampai piston mencapai TMA dan selanjutnya piston kembali ke TMB. Pada langkah kompresi ini kedua katup dalam keadaan tertutup. Beberapa derajat setelah TMA maka pembakaran yang terjadi telah sempurna sehingga dihasilkan ledakan dengan tekanan ekspansi yang tinggi dan memaksa piston untuk terus bergerak menuju TMB.
     
Siklus Kerja Mesin Bensin 2 Langkah:

     Mesin Bensin 2 Langkah adalah suatu engine yang untuk menghasilkan 1 kali power diperlukan 2 langkah piston dan 1 kali putaran crankshaft. Dalam prosesnya terdapat 2 macam proses:
  1. Proses diatas piston
       Pada Piston di TMB diatas piston terjadi proses pembuangan bekas-bekas hasil pembakaran bahan bakar. Disamping itu ada gas baru (bensin+udara) masuk ke ruang atas piston, yang mana gas baru tersebut berasal dari ruang engkol. Diatas piston juga terjadi proses pembilasan yaitu proses dimana terjadi pembersihan gas-gas bekas sisa hasil pembakaran didorong keluar oleh gas yang baru.
  2. Proses dibawah piston
       Terdesaknya gas baru didalam ruang engkol menuju ruang atas piston.
   Sedangkan langkah pada mesin bensin 2 tak adalah sebagai berikut:

LANGKAH PERTAMA
   Pada motor bensin 2 langkah apabila dimulai piston dari TMB proses yang terjadi di atas piston adalah proses pengisian dilanjutkan proses kompresi, sedangkan dibawah piston proses penghisapan bensin+udara dari karburator masuk keruang engkol.

LANGKAH KE-2
   Dimulai dari posisi depan pada TMA karena adanya percikan api dari besi, maka gas baru yang sudah di kompresikan sehingga suhu dan tekanannya naik akan terbakar. Hasil pembakaran bahan bakar ini menimbulkan kajutan tekanan yang sangat besar sehingga membuat piston melakukan putar dengan melakukan gerak dari TMA keTMB dan langkah usaha ini akan berakhir pada saat puncak piston membuka saluran buang. maka dilanjutkan proses pembuangan dan piston bergerak terus sampai TMB.

(sumber.., buku caatan)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar